Rabu, 11 November 2020

Unsur Ekspresi

Prinsip Seni Musik (Unsur Ekspresi)
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa unsur pokok di atas adalah bagaimana bentuk atau wujud dari unsur musiknya. Sementara itu, prinsip seni musik adalah cara membawakan wujud atau unsur pokok yang telah dijabarkan di atas.

Prinsip atau unsur ekspresi dalam musik meliputi tempo atau tingkat kecepatan musik, dinamika atau tingkat volume suara, keras lembutnya suara dan warna nada atau timbre yang tergantung cara memproduksi suaranya.

Berikut adalah beberapa prinsip atau unsur ekspresi dan bisa pula dikatakan kelanjutan dari unsur-unsur seni musik di atas.

1. Tempo
Tempo adalah bagaimana kecepatan birama lagu dibawakan. Menurut Miller dalam (Bramantyo, hlm. 24) tempo ialah istilah bahasa Itali yang artinya waktu, di dalam seni musik tempo menunjukkan kecepatan. Macam-macam tempo meliputi:

Presto: sangat cepat
Allegro: cepat
Vivace: umum (disebut juga: hidup, atau keadaan sehari-hari)
Moderato: sedang
Andante: agak lambat
Adagio: lebih lambat
Lento: lambat
Largo: sangat lambat
2. Dinamik
Dinamik adalah kuat atau lemahnya penyajian bunyi (Soeharto, 1992, hlm. 30). Dinamik merupakan kekuatan bunyi yang memainkan peranan besar dalam menciptakan ketegangan atau tensi musik.

Semakin keras musik semakin kuat tingkat ketegangannya (dynamic tension). Sebaliknya, semakin lembut maka semakin lemah tingkat ketegangannya (Miller dalam Bramantyo, hlm. 81).

Macam-macam dinamik menurut Miller (hlm. 80) yakni:

Fortissimo: sangat keras
Forte: keras
Mezzo Forte: agak keras
Mezzo Piano: agak lembut
Piano: lembut
Pianissimo: sangat lembut
3. Timbre/ Warna Nada
Timbre adalah kualitas atau warna bunyi atau mudahnya ciri khas bunyi yang terdengar bermacam-macam. Timbre yang berbeda dapat dihasilkan oleh cara memproduksi nada atau bahan sumber bunyi yang berbeda-beda pula (Jamalus, 1998, hlm. 40).


Supported by :

95 komentar:

  1. Rasheesa Rafifah Pomalingo (25) 7d Hadirrrrrr

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih pak,saya putra Farhan Alfaujan dari kelas 7F hadir

      Hapus
    2. Trimakasih pak,saya Najla Qanita dari kelas 7-F memahami materi ini

      Hapus
    3. Terima kasih pak, saya Arkana Danar Irawan dari kelas 7E

      Hapus
    4. Terima kasih pak, saya Arkana Danar Irawan dari kelas 7E, saya sudah memahami materi ini

      Hapus
    5. Galih dian saputra kelas 7d no absen 07 hadir

      Hapus
  2. Saya muhamad reyvan dari kelas 7a
    Hadirrr

    BalasHapus
  3. Assalamualaikum,Terima Kasih Pak Penjelasan Nya
    Saya Farah Latifani Dari Kelas 7'G

    BalasHapus
  4. Terima kasih pak, saya MUHAMMAD SALIM dari kelas 7D

    BalasHapus
  5. Terimakasih pa saya Risma prasiska dari kelas 7D siap memahami materi ini

    BalasHapus
  6. Terima kasih pak, Saya Dwi Rahmasari dari kelas 7B siap memahami materi ini.

    BalasHapus
  7. Assalamualaikum saya Ghina Hasnah Luthfiyyah kelas 7 D absen 8,hadir

    BalasHapus
  8. Assalamualaikum saya Ghina Hasnah Luthfiyyah kelas 7 D absen 8,hadir

    BalasHapus
  9. Terimakasih pak, Saya Aurel Aprilia Muliadi dari kelas 7B, Siap memahami materi ini.

    BalasHapus
  10. Terima kasih pak, saya Shirane Fathin Abdurahman dari kelas 7C siap memahami materi ini

    BalasHapus
  11. Terimakasih pak, saya M Rakha Alfinzano DM dari kelas 7 A siap memahami materi ini

    BalasHapus
  12. Terimakasih Pak , Saya Kayla Fasya Vicolby Noorain dari kelas 7C dengan no absen 17 , siap memahami materi ini

    BalasHapus
  13. Terimakasih pak, saya Talitha Kayana Azi dari kelas 7A siap memahami materi ini

    BalasHapus
  14. Terima kasih pak, saya Rizkya Febyani Adzkia Putri dari kelas 7D siap memahami materi ini

    BalasHapus
  15. Terima kasih pak,saya Syafina Azarin dari 7F siap memahami materi ini

    BalasHapus
  16. Terima Kasih Pak, saya Raden Rafique Rashid Zizou Ammar dari Kelas 7A siap memahami materi ini

    BalasHapus
  17. Terima kasih pak, Saya Nikeisha Mahya Dewani dari kelas 7A siap memahami materi ini.

    BalasHapus
  18. Terimakasih pak,Saya Aurell Selvira Ayu dari kelas 7B siap memahami materi ini

    BalasHapus
  19. Terimakasih pak, saya Natasha Sausan Aqila dari kelas 7B siap memahami materi ini

    BalasHapus
  20. Terimakasih Pak, saya Beby Alena Gunawan dari kelas 7C Siap memahami materi ini

    BalasHapus
  21. Terima kasih pak, saya Arzian Claurisa dari kelas 7F siap memahami materi ini

    BalasHapus
  22. Terimakasih pak,saya ratu callysta putri okahara dari kelas 7D siap memahami materi ini

    BalasHapus
  23. Terima kasih pak, saya Ainun Najah Wulan Sari dari kelas 7F siap memahami materi ini

    BalasHapus
  24. Terimakasih pak,saya Q Maulana Malik Ibrahim dari kelas 7e siap memahami materi

    BalasHapus
  25. Terimakasih Pak, saya Nymas Hayu Ning Tyas dari kelas 7B siap memahami materi ini

    BalasHapus
  26. Terimakasih pak,saya Rahayu Pratiwi dari kelas 7D siap memahami.

    BalasHapus
  27. Terima kasih pak, saya farra novianti sabila dari kelas 7A siap memahami materi ini

    BalasHapus
  28. Assalamualaikum pak terimakasuh saya Gesya dalia in amy dari kls 7F siap memahami

    BalasHapus
  29. Terima kasih pak, saya Annisa Maulidya dari kelas 7E siap memahami materi ini

    BalasHapus
  30. Terimakasih pak saya Muhammad Alif Al Fathir dari kelas 7F siap memahami materi

    BalasHapus
  31. Terimakasih pak saya Siti meysa dari kelas 7F saya memahami materi ini

    BalasHapus
  32. Siti Nur Cantika Riyadi no 32 kelas 7.B Hadir!

    BalasHapus
  33. Terimakasih pak, saya M. Fachrizki. W dari kelas 7-E siap memahami materi ini

    BalasHapus
  34. Terima kasih pak Saya Muhammad Farhan Abdullah Siap Memahami materi ini🙏

    BalasHapus
  35. Terimakasih pak, saya Lakeisha Rabbani kelas 7E

    BalasHapus
  36. Terima Kasih Pak Saya Muhammad Farhan Abdullah Kelas 7B Siap Memahami Materi Ini🙏

    BalasHapus
  37. Trimakasih bapak materinya🙏saya muhammad fahri akbar
    Dari kelas 7F no absen 20

    BalasHapus
  38. terimakasih pak,saya siti rahmah alya dari kelas 7D siap memahami materi ini

    BalasHapus
  39. Terimakasih pak saya Restu Dian Priamitra dari kelas 7E siap memahami materi ini

    BalasHapus
  40. Terimakasih pak saya Muhammad keandre sapari kelas 7e no absen 25,siap memahami materi ini

    BalasHapus
  41. Terimakasih pak, saya Firgiana ayu lestari dari 7e siap memahami materi ini

    BalasHapus
  42. M. Arraya A. dari kelas 7D absen 16 Hadirr

    BalasHapus
  43. Terimakasih pak, saya Alfrio Yulianto kelas7C absen2 siap memahami materi

    BalasHapus
  44. terimakasih pak,saya Indar raya rossenda dari kelas 7B,siap memahami materi ini

    BalasHapus
  45. terimakasih pak, saya aqeela khanzania dari kelas 7g siap memahami ini

    BalasHapus
  46. Terimakasih pak saya m.panji nurhakim dri kls 7b siap memahami ini

    BalasHapus
  47. Terimakasih pak, Saya Andhara Putri Suryana dari kelas 7A Siap Memahami ini

    BalasHapus
  48. Terima kasih pak saya Aden Adha Herlambang dari kelas 7e sudah memahami materi ini

    BalasHapus
  49. Terimakasih pak, saya Kramasena M.I.J dari VII-E

    BalasHapus
  50. Terimakasih pak. Saya Nadine Maulida dari kelas 7G siap memahami materi ini.

    BalasHapus
  51. Terimakasih pak, saya Kanaya Aufa K I dari kelas 7B, siap memahami materi ini.

    BalasHapus
  52. Terima kasih Pak, Saya Auni Bussaina Putri dari kelas 7C siap memahami materi ini...

    BalasHapus
  53. Terima kasih pak, Saya Alyssa Zalfa dari kelas 7E siap memahami materi ini.

    BalasHapus
  54. Terima kasih pak,Saya Ridho Noveryno Firmansyah dari jelas 7A siap memahami materi ini.

    BalasHapus
  55. Terima kasih pak, saya santana putra kusuma daei kelas 7D siap memahami materi ini

    BalasHapus
  56. Terimakasih pak,saya muhamad arya nugraha dari kelas 7b

    BalasHapus
  57. Terima kasih pak, saya Muhammad Gerrard Saputra dari kelas 7A Absen 21

    BalasHapus
  58. Terima kasih pak , saya Fathimah Naila Husna dari kelas 7G siap memahami materi ini

    BalasHapus
  59. Terima kasih pak, saya MIKAIL HAKIM dari kelas 7F siap memahami materi

    BalasHapus
  60. Terimakasih pak, saya Muhamad Afsan Septian dari kelas 7F siap memahamj materi ini

    BalasHapus
  61. Terimakasih pak, saya Malika Aulia Lutolp dari kelas 7C siap memahami materi ini

    BalasHapus
  62. terimakasih pak, saya siti hajar fauziah dari kelas 7b siap memahami materi imi

    BalasHapus
  63. terimakasih pa, saya Ayla Putri Kania 7E siap memahami materi ini

    BalasHapus
  64. Terimakasih pak saya Gilang M C A kelas 7B siap memahami materi

    BalasHapus
  65. Terimakasih pak, Saya Vidya Malika a'dzikri dari kelas 7b siap memahami materi ini pak

    BalasHapus
  66. Terimakasih pak, saya Arkand Azzam Ramadhan dari kelas 7A siap memahami materi ini

    BalasHapus
  67. Terimakasih pa, saya adzkia aulia rachman dari kelas 7e siap memahami materi ini

    BalasHapus
  68. Terimakasih pak,saya Raisya Dwi Taolani Absen 30 kelas Vll-C

    BalasHapus
  69. terimakasih pa, saya Dewi Safira Halimatus Sadiyah 7E siap memahami materi ini

    BalasHapus
  70. Terimakasih Bapak, Nama saya Nikeisha Anindya dari kelas 7C absen 29 siap memahami materi
    saya juga dulu punya blog cuman saya berhenti membuat soalnya malas

    BalasHapus
  71. Terima kasih Pak. Saya Valeska Aureli Kirana, kelas 7A, no absen 34. Saya siap memahami materi ini.

    BalasHapus
  72. Terimakasih pak, saya Zaskia 'Arifa Habibatussa'diyah 7 F, siap memahami materi ini

    BalasHapus
  73. Terimakasih pak ,saya Daffa Assidqi Saleh Ramdani dari kelas 7d,siap memahami materi ini

    BalasHapus
  74. Terimakasih pak, saya Faiqa Anania Irwan dari kelas 7D siap memahami materi ini

    BalasHapus
  75. Terima kasih pak, saya Istanadya Kusuma dari kelas 7D siap memahami materi ini

    BalasHapus
  76. Terimakasih pa, saya Keyshira Nediva dr kelas 7A siap memahami materi ini

    BalasHapus
  77. Terima kasih, pak saya Siti Rahma Fauziah kelas 7F siap memahami materi ini

    BalasHapus
  78. Terima kasih pak, saya Siti Rahma Fauziah dari kelas 7F siap memahami materi ini

    BalasHapus

  79. Terima kasih pak, saya Mikayla kanaya suharto dari kelas 7C siap memahami materi ini

    BalasHapus
  80. Terimakasih Pak,Saya Oktavia Ratunadia dari kelas 7F siap memahami materi ini

    BalasHapus
  81. Terima kasih pak,saya Sabila Najwa Aulia dari kelas 7B siap memahami materi ini.

    BalasHapus
  82. Terima kasih pak,saya Sabila Najwa Aulia dari kelas 7B siap memahami materi ini.

    BalasHapus
  83. Terimakasih pak saya Muhamad Alwin Daffa Rizky kelas 7e no absen 22

    BalasHapus
  84. Terima kasih pak, saya Siti Raisya Dwi Putri juandi kelas 7 E, no absen 33

    BalasHapus
  85. Makasih pak,saya Khaisya Shamara Aurelia dari kelas 7B,siap memahami materi ini.

    BalasHapus
  86. Terimakasih pak,saya Muhammad Fachri Husaini 7c siap memahami materi ini

    BalasHapus
  87. terimakasih pak ,saya Azhar nursyabani 7D siap memahami materi ini

    BalasHapus
  88. Terimakasih pak, saya Devi Tri Amelia siap memahami materu inj

    BalasHapus