Rabu, 04 November 2020

Seni Musik

Pengertian Seni Musik
Seni musik adalah cabang seni yang menggunakan media bunyi atau suara untuk menyampaikan karya yang diusungnya. Namun, meskipun terdengar terbatas dalam getaran atau suara, dalam kenyataannya seni musik melibatkan pikiran dan perasaan manusia pula.


Seperti dalam pendapat Djohan (2016) bahwa definisi seni musik adalah produk pikiran yang disalurkan melalui elemen vibrasi (getaran) dalam bentuk frekuensi yang ditransformasi secara neurologis di dalam pikiran melalui berbagai unsur pokok pembentuknya seperti suara, nada, dan melodi.

Mudahnya, indra penikmat cabang seni musik adalah indra pendengaran yang dioperasikan menggunakan telinga. Apa yang katakanlah “diraba” oleh indra ini adalah getaran. Oleh karena itu, sebetulnya, seluruh media, medium, atau alat musik adalah alat yang menghasilkan getaran.

Kemudian, meskipun produk yang dihasilkan adalah getaran dalam frekuensi tertentu, yang mencernanya bukanlah sekedar indra pendengar saja. Namun melibatkan pikiran dan perasaan pendengarnya pula, karena getaran yang diolah menjadi musik memengaruhi pendengarnya secara psikis pula.

Sehingga, dapat disimpulkan bahwa apa yang dimaksud dengan seni musik adalah produk pikiran manusia yang dihantarkan melalui getaran yang membentuk suara, disusun menjadi aransemen unsur musik sehingga dapat dinikmati melalui pikiran dan perasaan melalui indra pendengaran.


Untuk memperkuat definisi seni musik di atas, berikut adalah beberapa pendapat para ahli mengenai pengertian musik.

Pengertian Seni Musik Menurut Para Ahli

Ortiz
Definisi musik adalah kekuatan dasar yang sangat efektif untuk menenangkan dan mendatangkan inspirasi bagi banyak orang (Ortiz dalam Baidah, 2010, hlm. 1-8).

Jamalus
Seni musik adalah suatu hasil karya seni bunyi dalam bentuk lagu atau komposisi musik, yang mengungkapkan pikiran dan perasaan penciptanya melalui unsur-unsur musik, seperti irama, melodi, harmoni, bentuk/struktur lagu dan ekspresi sebagai satu kesatuan (Jamalus, 1998, hlm. 1).

Soeharto
Seni musik adalah pengungkapan gagasan melalui bunyi yang unsur dasarnya berupa melodi, irama, dan harmoni dengan unsur pendukung berupa bentuk, sifat, dan warna bunyi (Soeharto, 1992, hlm. 86).

Banoe
Musik adalah cabang seni yang membahas dan menetapkan berbagai suara a tau bunyi kedalam pola yang dapat dimengerti dan dipahami manusia (Banoe, 2003, hlm. 288).

Hardjana
Menurut Hardjana (2003, hlm. 111) musik adalah permainan waktu dengan mengadopsi bunyi sebagai materinya, musik adalah waktu dalam bunyi, waktu adalah ruang dan bunyi adalah substansinya.

Unsur Unsur Seni Musik
Unsur unsur seni musik adalah bagian-bagian yang membentuk karya musik menjadi suatu kesatuan komposisi nada atau bunyi yang dapat dikatakan musik. Bunyi atau suara yang tidak diaransemen belum tentu menjadi musik jika tidak memperhatikan unsur dan cara menyusunnya.

Menurut Jamalus (1998, hlm. 7) Unsur seni musik terbagi menjadi: 1) unsur-unsur pokok, meliputi: irama, melodi, harmoni dan bentuk atau stuktur lagu; 2) unsur-unsur ekspresi, meliputi: tempo, dinamik dan warna nada.

Namun, sebetulnya unsur-unsur ekspresi sering disebut sebagai prinsip seni musik pula. Mengapa? Karena unsur ekspresi mengacu pada cara seorang komposer atau musisi menyajikan unsur pokok yang berarti bisa disebut sebagai acuan kebenaran, paham yang diambil, atau: prinsip.

Katakanlah unsur pokok adalah bata yang membentuk suatu dinding (musik), sementara unsur ekspresi adalah tata cara menyusun bata agar menjadi kokoh. Berikut adalah penjelasan dari unsur dan prinsip seni musik.

Unsur Pokok Seni Musik
Unsur-unsur pokok yang membentuk musik adalah sebagaimana yang akan dijelaskan di bawah ini.

1. Suara
Suara adalah unsur paling dasar dari seni musik. Menurut Djohan (2016, hlm. 10) suara adalah perubahan getaran udara yang memiliki panjang gelombang maupun periode dalam frekuensinya. Aspek-aspek dasar suara dalam musik dapat dibagi menjadi: tala (tinggi nada), durasi (berapa lama suara dikeluarkan), intensitas, dan timbre (warna bunyi).

2. Nada
Pembagian suara ke dalam frekuensi tertentu disebut dengan nada. Nada adalah satuan terkecil dari seni musik yang dapat dibagi-bagi ke dalam tinggi redahnya menurut frekuensi maupun jarak relatif nada patokan. Nada dapat diatur dalam tangga nada yang berbeda-beda. Tangga nada terdiri dari: tangga nada mayor, minor, dan pentatonik.


3. Melodi
Melodi adalah rangkaian tinggi rendahnya nada yang berbunyi atau dibunyikan secara berurutan. Seperti yang dikemukakan oleh Jamalus (1998, hlm. 16) bahwa melodi adalah susunan atau rangkaian nada dengan getaran teratur yang terdengar berurutan dan mengungkapkan suatu perasaan atau pikiran.

4. Irama / Ritme
Irama adalah pengulangan urutan rangkaian gerak dalam suatu komposisi musik yang teratur sehingga terdengar indah/estetis atau memberikan dampak tertentu pada pendengarnya.

Pernyataan di atas senada dengan pendapat Jamalus (1998, hlm.7) yang mengungkapkan bahwa Irama merupakan urutan rangkaian gerak yang menjadi unsur dalam sebuah musik.

5. Birama
Merupakan ketukan atau ayunan berulang-ulang yang datang secara teratur dalam waktu yang sama. Birama ditulis dalam angka pecahan seperti 2/4, 3/4, 6/8, dst.

Angka pertama sebelum garis miring adalah pembilang yang menunjukkan nilai ketukan pada tiap birama, sementara angka di belakang garis miring berarti penyebut yang menunjukkan nilai notasi dalam satu ketukan.

6. Tangga Nada/ Struktur/ Notasi
Tangga nada atau struktur adalah urutan berbagai nada yang disusun membentuk tangga. Terdapat dua tangga nada, yakni tangga nada diatonik yang terdiri dari 7 nada dengan 2 jenis jarak (1/2 dan 1), dan tangga nada pentatonik yang terdiri dari 5 nada pokok.

Satu tangga nada memiliki satu nada dasar yang diikuti oleh nada lainnya yang lebih rendah atau tinggi dengan pola interval tertentu dan membentuk ciri khas khusus.

7. Harmoni
Harmoni adalah paduan nada yang ketika dibunyikan bersama-sama akan menghasilkan bunyi yang selaras/harmonis (Miller dalam Bramantyo, hlm. 48). Elemen harmoni seperti itu disebut dengan interval, terdapat elemen lain dari harmoni, yakni akor. Akor berarti harmoni yang bekerja dengan cara mengiringi melodi.
Sering diibaratkan bahwa harmoni menyusun keterpaduan seni musik secara vertikal, sementara harmoni menyelaraskan komposisi secara horizontal. Dalam seni musik, harmoni merupakan keselarasan paduan bunyi (contohnya: menyelaraskan beberapa melodi).


Supported by:

115 komentar:

  1. Terima kasih pak, Saya Rasheesa Rafifah Pomalingo dari 7d

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih pak,saya putra Farhan Alfaujan dari 7F

      Hapus
    2. Terimakasih pak, saya Nikeisha Mahya Dewani Dari 7A
      Absen 25

      Hapus
    3. Terimakasih pak, saya Arkana Danar Irawan dari kelas 7E

      Hapus
  2. Terima Kasih Pak,Penjelasan Nya
    Saya Farah latifani Dari Kelas 7'G

    BalasHapus
  3. Terimakasih pak,saya Ghina Hasnah Luthfiyyah kelas 7D

    BalasHapus
  4. Terimakasih pak penjelasan nya,Saya Gesya dalia in amy dari kelas 7F

    BalasHapus
  5. Terima kasih pak,Saya Muhamad Reyvan dari kelas 7a

    BalasHapus
  6. Terimakasih pak,Saya Rahayu Pratiwi dari kelas 7D

    BalasHapus
  7. Terimakasih pa, saya risma prasiska dari kelas VII D

    BalasHapus
  8. Terimakasih pak saya Rahayu Pratiwi dari kelas 7D

    BalasHapus
  9. terima kasih pak, saya Istanadya Kusuma dari 7D

    BalasHapus
  10. Terimakasih pak, saya Muhamad Nur Alif kelas 7D

    BalasHapus
  11. Terima kasih pak, Saya Auni Bussaina Putri dari kelas 7C

    BalasHapus
  12. Terima kasih, pak saya Raja Anugrah Firdaus dari 7c

    BalasHapus
  13. Terima kasih pak, sayaWira Arkana Arsyad kelas 7G

    BalasHapus
  14. terima kasih pak, saya farra novianti sabila dari 7A

    BalasHapus
  15. Terima kasih pak , saya Fathimah Naila Husna dari kelas 7G

    BalasHapus
  16. Terimakasih pa, saya risma prasiska dari kelas VII D

    BalasHapus
  17. terimakasih pak, saya aqeela khanzania dari kelas 7G

    BalasHapus
  18. Terimakasih pak,saya Rizkya Febyani Adzkia Putri dari kelas 7D

    BalasHapus
  19. Terima kasih pak, Saya Alyssa Zalfa Rahadian dari kelas 7E

    BalasHapus
  20. Terimakasih pak, saya Talitha Kayana Azi dari kelas 7A

    BalasHapus
  21. Terimakasih pak, saya Shirane Fathin Abdurahman dari kelas 7c

    BalasHapus
  22. Terima Kasih Pak, Saya Raden Rafique Rashid Zizou Ammar dari Kelas 7A

    BalasHapus
  23. Terimakasih pak, saya Aurell Selvira Ayu dari kelas 7B

    BalasHapus
  24. Terimakasih pak, saya vidya malika a'dzikri dari kelas 7B

    BalasHapus
  25. "Terima kasih pak, saya Annisa Maulidya dari kelas 7E

    BalasHapus
  26. "Terimakasih pak, saya Malika Aulia dari kelas 7C"

    BalasHapus
  27. Terimakasih pak, saya Muhammad Rakha Alfinzano Daeng Madiu kelas 7A 🙏

    BalasHapus
  28. Terimakasih pak, saya Muhamad Afsan Septian dari kelas 7F

    BalasHapus
  29. Terimakasih pak saya muhamad salim kelas 7D

    BalasHapus
  30. Terima kasih Pak , Saya Kayla Fasya Vicolby Noorain dari kelas 7C.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih pak, saya dyandra virlia dari kelas 7B

      Hapus
  31. Saya Siti Nur Cantika Riyadi dari kelas 7.B

    BalasHapus
  32. terimakasih pak saya rasya ar rakha putra kelas 7G

    BalasHapus
  33. Terimakasih pak saya Raisya Dwi Taolani kelas Vll-C

    BalasHapus
  34. Terimakasih pak, saya Ryandra Rahman Natasukarya kelas 7C

    BalasHapus
  35. Terimakasih bapak, Saya Dwi Rahmasari dari kelas 7B

    BalasHapus
  36. Terimakasih Pak, saya Beby Alena Gunawan dari kelas 7C

    BalasHapus
  37. Terimakasih pak, saya Muhammad keandre sapari kelas 7e

    BalasHapus
  38. Terimakasih pak, saya Arkand Azzam Ramadhan dari kelas 7A

    BalasHapus
  39. Terimakasih pak, saya Siti meysa dari kelas 7F

    BalasHapus
  40. Terima kasih Pak, Saya Fattan Abyaz Akmal dari kelas 7B

    BalasHapus
  41. Terima kasih Pak, Saya Fattan Abyaz Akmal dari kelas 7B

    BalasHapus
  42. Terima kasih pak Saya Syafina Azarine dari kelas 7F

    BalasHapus
  43. Terima kasih pak, saya Kanaya Aufa K I dari kelas 7B

    BalasHapus
  44. Terima kasih pak, saya MIKAIL HAKIM dari kelas 7F

    BalasHapus
  45. Terimakasih pak saya M. Panji Nurhakim
    Dari kelas 7B

    BalasHapus
  46. Terima kasih pak Saya Siti Rahmah Alya dari kelas 7D

    BalasHapus
  47. Terimakasib pak, says Dzikra Alfarizi dari kelas 7E

    BalasHapus
  48. terima kasih pak saya Hari Baldemar Zafir Fadlilan Dari kelas 7G

    BalasHapus
  49. Terimakasih pak,,,saya chintya putri januari dari kelas 7E

    BalasHapus
  50. Terima kasih pak,saya Muhamad Akbar dari kelas 7b

    BalasHapus
  51. TERIMAKASIH PAK,SAYA GALIH DIAN SAPUTRA DARI KELAS 7D

    BalasHapus
  52. Terimakasih pak,,saya galih rifqi kelas 7E absen 16

    BalasHapus
  53. Terimakasih Pak, Saya Aurel Aprilia Muliadi kelas 7B no. absen: 02

    BalasHapus
  54. Terimakasih pak saya Muhamad Alwin Daffa Rizky
    Kelas 7e
    No absen 22

    BalasHapus
  55. Terimakasih pak, saya Muhammad Fachrizki Widyaksana kelas:7-E
    Absen:24

    BalasHapus
  56. Terima kasih Pak, saya Alfrio Yulianto kelas7C absen2

    BalasHapus
  57. Terimakasih pak, saya Lakeisha Rabbani kelas 7E, no. absen 21

    BalasHapus
  58. Terima kasih pak, saya Q Maulana Malik Ibrahim kelas 7e no 29

    BalasHapus
  59. Terimakasih pak,saya Dewi Safira Halimatus Sadiyah kelas 7E,No.absen 13

    BalasHapus
  60. Terimakasih pak, saya kayesa vibi azzahra kelas 7-E, no absen 18

    BalasHapus
  61. Terimakasih pak ini sangat bisa di pahami tapi kalau lebih baik di perjelas dengan latihan soal Saya Restu Dian Priamitra dari kelas 7E

    BalasHapus
  62. Terima kasih pak,saya Sabila Najwa Aulia dari kelas 7B

    BalasHapus
  63. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih pak saya Aden Adha Herlambang kelas 7e no absen 01

      Hapus
    2. Terima kasih pak saya Muhammad Salim dari kelas 7D

      Hapus
  64. Terimakasih pak,saya Firgiana ayu lestari dari kelas 7e

    BalasHapus
  65. Terimakasih bapak,saya davina shifa azzahra kelas VII-C

    BalasHapus
  66. Terimakasih bapak,saya davina shifa azzahra kelas VII-C

    BalasHapus
  67. Terima kasih pak, saya Nadine Maulida dari kelas 7G.

    BalasHapus
  68. Terimakasih pak, Saya Andhara Putri Suryana Kelas 7A

    BalasHapus
  69. Terimakasih pak, saya Muhammad Arraya A. dari kelas 7D

    BalasHapus
  70. Terimakasih pak,saya Rafifah Adia Rahma dari kelas 7d

    BalasHapus
  71. Terimakasih Pak, Saya Natasha Sausan A. dari kelas 7B

    BalasHapus
  72. Terimakasih pak,saya Indar raya rossenda dari kelas 7B

    BalasHapus
  73. Terimakasih pak, saya Aliya Hafiza Yusuf dari kelas 7G

    BalasHapus
  74. Terimakasih pak, saya Keyshira Nediva dari kelas 7A

    BalasHapus
  75. terima kasih pak,saya Muhammad Rado syaputra kelas 7D

    BalasHapus
  76. Terimakasih pak saya Febrian Akbar dari kelas 7A

    BalasHapus
  77. Assalamualaikum pak,terima kasih yah atas info nya perkenalkan nama saya Muhammad Farhan Abdullah dari kelas 7B terima kasih🙏

    BalasHapus
  78. Trimakasih bapak🙏
    Saya:
    Muhammad fahri akbar
    Kelas 7F
    No absen 20

    BalasHapus
  79. Terimakasih pak, saya Siti Ameliawati dari kelas 7d

    BalasHapus
  80. Terima kasih pak,saya Taufik Taf'al Athaillah Wahyudin Dari Kelas 7D

    BalasHapus
  81. Terimakasih pak, saya Gilang Muhammad chandra Adipradana dari kelas 7B

    BalasHapus
  82. Terimakasih Pak,saya Nymas Hayu Ning Tyas dari kelas 7B

    BalasHapus
  83. Terimakasih pak,saya edrilia anggita sartono dari Kelas 7-F

    BalasHapus
  84. terimakasih pak, saya siti hajar fauziah kelas 7b

    BalasHapus
  85. Terimakasih pak,saya Khaisya Shamara Aurelia kelas 7B

    BalasHapus
  86. Terimakasih pak,saya Daffa Assidqi Saleh Ramdani kelas 7d absen 4

    BalasHapus
  87. Terima kasih pak,saya Arfan Irsyad R dari kelas VII-D

    BalasHapus
  88. Terima kasih pak, saya Nikeisha Anindya dari kelas 7C

    BalasHapus
  89. Terimakasih pak... saya Faiqa Anania Irwan dari kelas 7D

    BalasHapus
  90. Terima kasih pak, saya Ainun Najah Wulan Sari dari kelas 7F

    BalasHapus
  91. Terima kasih pak, saya Raihan Nur Wahid dari kelas 7G No Absen 27

    BalasHapus
  92. Terima kasih atas penjelasannya, Pak. Saya Valeska Aureli Kirana dari kelas 7A.

    BalasHapus
  93. Terima kasih pak, saya Fathy Muhammad Zhafif dari kelas7a no absen 10

    BalasHapus
  94. Terima kasih pak,saya Muhammad Alif Al Fathir dari kelas 7F absen:21

    BalasHapus
  95. Terimakasih pak saya chintya dari kelas 7E

    BalasHapus
  96. Terima kasih pak saya Febrian Akbar
    Kelas 7A 12

    BalasHapus
  97. Terimakasih pak saya marva dari kelas 7D

    BalasHapus
  98. Terima kasih pak saya Anjani dari kelas 7F

    BalasHapus
  99. Terima Kasih pak saya Muhammad Farhan Abdullah dari kelas 7B

    BalasHapus
  100. Terimakasih pak saya
    Restu Dian Priamitra dari kelas 7E

    BalasHapus
  101. Terimakasih Pak saya Alyssa Zalfa Rahadian dari kelas 7e

    BalasHapus
  102. Terimakasih pak saya Ratu Callysta Putri Okahara dari kelas 7D

    BalasHapus
  103. Makasih pak,saya Khaisya Shamara Aurelia dari kelas 7B

    BalasHapus
  104. Makasih pak,saya Muhammad Fachri Husaini

    BalasHapus
  105. Terimakasih pak,saya Muhammad Fachri Husaini 7c

    BalasHapus
  106. trimakasih pak , saya Azhar nursyabani 7D

    BalasHapus
  107. Terimakasih pak, saya Devi Tri Amelia kelas 7C

    BalasHapus
  108. Muhammad Rizky maulana/7h hadir

    BalasHapus