Minggu, 31 Januari 2021

Pengertian, Ciri-Ciri, Struktur, Kaidah Kebahasaan, dan ContohTeks Eksplanasi

Pengertian Teks Eksplanasi

Teks eksplanasi merupakan teks yang menjelaskan tentang proses terjadinya atau terbentuknya suatu fenomena alam atau sosial. Pada teks eksplanasi juga sebuah peristiwa timbul karena ada peristiwa lain sebelumnya dan peristiwa tersebut mengakibatkan peristiwa yang lain sesudahnya.

Ciri-ciri Teks Eksplanasi:

•Memuat informasi berdasarkan fakta

•Berisi informasi yang bersifat keilmuan

•Menjelaskan proses terjadinya fenomena alam dan atau sosial


Contoh Teks Eksplanasi
Tsunami

Tsunami adalah istilah yang berasal dari Jepang, terdiri atas dua kata tsu dan name yang berarti ‘pelabuhan’ dan ‘gelombang’. Para ilmuan mengartikannya sebagai gelombang pasang atau gelombang laut akibat gempa. Tsunami adalah gelombang laut besar yang datang dengan cepat dan tiba-tiba menerjang kawasan pantai. Gelombang tersebut terbentuk akibat dari aktivitas gempa atau gunung merapi yang meletus di bawah laut. Besarnya gelombang tsunami menyebabkan banjir dan kerusakan ketika menghantam daratan pantai.

Pembentukan tsunami terjadi saat dasar laut pemukaannya naik turun di sepanjang patahan selama gempa berlangsung. Patahan tersebut mengakibatkan terganggunya keseimbangan air laut. Patahan yang besar akan menghasilkan tenaga gelombang yang besar pula. Beberapa saat setelah terjadi gempa, air laut akan surut. Setelah surut, air laut kembali ke arah daratan dalam bentuk gelombang besar. Selain itu, pembentukan tsunami juga disebabkan oleh letusan gunung merapi di dasar lautan. Letusan tersebut menyebabkan tingginya pergerakan air laut atau perairan di sekitarnya. Semakin besar tsunami, makin besar pula banjir atau kerusakan yang terjadi saat menghantam pantai.

Baca juga: Pengertian Teks Persuasi dan Strukurnya

Tsunami memang telah menjadi salah satu bencana yang menyebabkan kerusakan besar bagi manusia. Kerusakan terbesar terjadi saat tsunami tersebut menghantam permukiman penduduk sehingga menyeret apa saja yang dilaluinya. Oleh sebab itu, kita harus selalu waspada dan mempersiapkan diri menghadapi bencana ini. Namun, kita tidak perlu terlalu khawatir karena tidak semua tsunami membentuk gelombang besar. Selain itu, tidak semua letusan gunung merapi atau gempa yang terjadi diikuti dengan tsunami.

Struktur Teks Eksplanasi
Dari contoh teks eksplanasi di atas, kita dapat melihat bahwa struktur teks ekplanasi adalah:

1. Pernyataan Umum

 Berisi tentang penjelasan umum tentang fenomena yang akan dibahas, bisa berupa pengenalan fenomena tersebut atau penjelasannya. Dalam contoh teks di atas. Penjelasan umum yang dituliskan dalam teks ini berupa gambaran secara umum tentang tsunami, mengapa tsunami terjadi, dan bagaimana proses peristiwa tsunami tersebut bisa terjadi.

2. Deretan Penjelas

Berisi tentang penjelasan proses mengapa tsunami bisa terjadi atau tercipta dan bisa terdiri lebih dari satu paragraf. Deretan penjelas mendeskripsikan dan merincikan penyebab dan akibat dari tsunami.

3. Interpretasi (Opsional)

Teks penutup yang bersifat pilihan, dan bukan keharusan. Teks penutup yang dimaksud adalah, teks yang merupakan intisari atau kesimpulan dari pernyataan umum dan deretan penjelas. Opsionalnya dapat berupa tanggapan maupun mengambil kesimpulan atas pernyataan yang ada dalam teks tersebut.


Kaidah Kebahasan Teks Eksplanasi:

•Pemakaian kalimat pasif

•Terdapat istilah ilmiah

•Banyak menggunakan kata kerja material dan rasional (kata kerja aktif) 

•Bersifat informatif
Semua informasi yang ada pada teks eksplanasi merupakan fakta yang benar-benar terjadi dan bukan karangan. Jadi, berita hoax mengenai suatu fenomena alam dan sosial tidak termasuk ke dalam teks eksplanasi.

29 komentar:

  1. Assalamualaikum,saya Zaskia Aulia Fitri

    BalasHapus
  2. Assalamu'alaikum, saya Syaqila Nurfis Nadjib

    BalasHapus
  3. assalamualaikum, saya nailah fakhirah

    BalasHapus
  4. Assalamualaikum, saya Dinda Melati Wibowo

    BalasHapus
  5. Assalamualaikum, saya Oktaviana Aprillia

    BalasHapus
  6. Assalamualaikum, saya Firgian Arfa Imanda Romas kls 8 a

    BalasHapus
  7. Assalamualaikum, saya Andreza Juliansyah dari kelas 8a

    BalasHapus
  8. Assalamualaikum, saya Andiya Trimulya

    BalasHapus
  9. Asslamaualaikum, saya Natasya Eka Maylani

    BalasHapus
  10. Assalamualaikum, saya Jasmine Cheryl Diandra

    BalasHapus
  11. Assalamualaikum, saya Galuh Prawira

    BalasHapus
  12. Assalamualaikum,saya nabila syahira

    BalasHapus
  13. assalamualaikum, saya Valery isabel

    BalasHapus
  14. Assalamualaikum, saya Rahma artanti

    BalasHapus
  15. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  16. Assalamualaikum, saya muhammad rizki alan najuba

    BalasHapus
  17. Assalamualaikum, Saya Rafi Naufal Herdiana.

    BalasHapus
  18. Assalamualaikum, saya Fidela Emily Saraswati

    BalasHapus
  19. assalamualaikum saya Nabila Daretian Jayasari

    BalasHapus
  20. assalamualaikum saya Nabila Daretian Jayasari

    BalasHapus
  21. Assalamualaikum saya Mutiara Febriani Kustiawan

    BalasHapus
  22. Assalamualaikum saya M.Dzaky Shafwan hafiizh

    BalasHapus
  23. Assalamu'alaikum saya Jasir izzuddin azzam

    BalasHapus
  24. Assalamualaikum saya Faris Abfino Akmal

    BalasHapus
  25. assalamualaikum saya muhammad rizky ramadhan

    BalasHapus
  26. Assalamualaikum saya Zulfa Tysania Aurrelia

    BalasHapus
  27. Assalamualaikum saya adis rayina

    BalasHapus
  28. Assalamualaikum saya Talitha Kayana Azi 7A hadir

    BalasHapus
  29. Assalamualaikum Arkand Azzam Ramadhan 7A hadir

    BalasHapus