Senin, 12 Oktober 2020

MENYIMPULKAN ISI TEKS EKSPOSISI (Memahami jenis paragraf Induktif, Deduktif dan Campuran)


 1. Gagasan  Umum Sebagai Dasar Penyimpulan Isi Teks


Gagasan dalam teks eksposisi ada 2 yaitu :

Gagasan umum,gagasan utama, atau ide pokok, merupakan gagasan yang menjadi dasar pengembangan suatu paragraf. 


Gagasan khusus adalah pengembangan dari gagasan umum.


2. Jenis-jenis Paragraf berdasarkan Letak Gagasan Umum atau gagasan utamanya


1)Deduktif 

Paragraf yang gagasan utama atau ide pokoknya terletak di awal paragraf.

Atau bahasan lebih mendalamnya akan dijabarkan pada penjabaran berikut :

Pengertian Paragraf Deduktif

Paragraf deduktif adalah jenis paragraf yang bermula dengan penjabaran tentang hal-hal umum kemudian menjurus ke hal khusus. Pada paragraf deduktif, letak kalimat utama berada di awal paragraf.

Ciri-ciri jenis paragraf deduktif adalah sebagai berikut:

  1. Kalimat utama atau ide pokok ada pada kalimat pertama paragraf.
  2. Polanya umum-khusus-khusus-khusus.
  3. Kalimat utama diperinci dengan kalimat penjelas.

Contoh Paragraf Deduktif

Belakangan ini, kegiatan belajar mengajar bisa dilakukan secara online tanpa perlu tatap muka. Di era teknologi yang sudah sangat canggih seperti sekarang, ada banyak situs internet yang menawarkan jasa belajar online, baik yang berbayar atau gratis. Situs hidayatullahmajor7.blogspot.com seperti ini misalnya . Sistem belajar di mana saja dan kapan saja jadi salah satu keunggulan belajar online. Kamu pun bisa memilih mata pelajaran apa saja, sesuai yang hendak dipelajari saat itu, mulai dari matematika, fisika sampai bahasa Indonesia.

>>>Nah, bisa disimpulkan, pada contoh paragraf deduktif di atas gagasan utama atau ide pokoknya terletak di awal paragraf (yang hurufnya diketik lebih tebal). Dan kalimat berikutnya hingga akhir merupakan gagasan khusus atau kalimat khusus.<<<


2) Induktif

Paragraf yang gagasan atau kalimat utamanya terletak di akhir paragraf.

Atau bahasan lebih mendalamnya akan dijabarkan pada penjabaran berikut :

Pengertian Paragraf Induktif

Paragraf induktif adalah paragraf yang kalimat utamanya terletak di akhir paragraf. Jenis paragraf induktif diawali dengan kalimat-kalimat penjelas berupa fakta, contoh, rincian, atau bukti yang kemudian disimpulkan pada kalimat akhir paragraf. 

Ciri-ciri jenis paragraf induktif adalah sebagai berikut:

  • Diawali dengan penjelasan khusus.
  • Digeneralisasikan atau disimpulkan berdasarkan penjelasan khusus di akhir paragraf.
  • Kalimat utama terletak di akhir paragraf (kesimpulan).
  • Polanya khusus-khusus-khusus-umum.
  • Contoh paragraf induktif.  
  • Belajar dengan sistem SKS alias Sistem Kebut Semalam bukanlah hal yang patut dicontoh. Apalagi kalau esok harinya adalah hari ujian. Akibat yang bisa dirasakan adalah rasa kantuk ketika sedang mengerjakan ujian. Maka itu, persiapkan diri dan mulai belajar sejak jauh-jauh hari sebelum waktu ujian tiba.

>>>Nah, bisa disimpulkan pada contoh paragraf induktif di atas gagasan utama atau ide pokoknya terletak di akhir paragraf (yang hurufnya diketik lebih tebal). Dan kalimat awal hingga kalimat ketiga merupakan gagasan khusus atau kalimat khusus.<<<


3.Campuran

Paragraf yang gagasan utamanya terletak di awal dan akhir paragraf.

Atau bahasan lebih mendalamnya akan dijabarkan pada penjabaran berikut :

Pengertian Paragraf Campuran

Paragraf campuran adalah paragraf yang diawali dengan menyajikan kalimat utama kemudian di dukung dengan kalimat-kalimat penjelas, lalu diakhiri oleh kesimpulan pada bagian akhir paragraf. Sehingga paragraf campuran mempunyai 2 kalimat utama.

Ciri-ciri Paragraf campuran:

  • Mempunyai kalimat utama di awal paragraf, lalu ditekankan kembali di akhir paragraf.
  • Terdapat pengulangan atau variasi di beberapa kata kunci di bagian awal dan akhir paragraf.

Pola Paragraf campuran: Umum → Khusus → Khusus → Umum.

Contoh paragraf campuran singkat

Contoh paragraf campuran tentang pendidikan:

Pendidikan yang paling utama untuk anak adalah pendidikan karakter. Karena dengan pendidikan karakter yang baik, anak memiliki pondasi mental dan karakter yang kuat. Orang tua dan guru bisa bekerja sama untuk membentuk karakter anak. Ketika berhasil, maka ilmu dan nasihat akan lebih mudah di transfer ke anak. Jadi, pendidikan karakter harus diutamakan dalam pendidikan.

>>>Nah, bisa disimpulkan pada contoh paragraf Campuran di atas gagasan utama atau ide pokoknya terletak di awal dan akhir paragraf. Dan kalimat kedua hingga kalimat keempat merupakan gagasan khusus atau kalimat khusus.<<<


Sumber : E-book, Internet dan Buku Paket Bahasa Indonesia.

Terima kasih telah mengunjungi hidayatullahmajor7.blogspot.com Semoga bermanfaat. Aamiin

----Jangan lupa untuk selalu berdoa pada setiap saat kamu melakukan hal baik, seperti memulai pembelajaran misalnya.----

36 komentar:

  1. Terimakasih pak, saya Amanda Putri Farelina kelas 8A SMPN 3 Bogor

    BalasHapus
  2. Terimakasih pak, saya Vieneta Adhariani kelas 8A SMPN 3 Bogor

    BalasHapus
  3. Terimakasih pak,saya Miftahul Jannah kls 8A SMPN 3 bogor

    BalasHapus
  4. Terimakasih pak,saya Zaskia Aulia Kelas 8A SMPN 3 BOGOR

    BalasHapus
  5. Terimakasih pak,saya Lazuardi Anwar Gumay 8A SMPN 3 BOGOR

    BalasHapus
  6. terimakasih pak,saya Alika Shalma NR 8A SMPN 3 BOGOR

    BalasHapus
  7. Terimakasih pak,saya Greisya Noviananda Putri 8A BOGOR

    BalasHapus
  8. Terimakasih pak,saya Syaqila Nurfis Nadjib 8A SMPN 3 BOGOR

    BalasHapus
  9. Terima kasih pak,saya Greisya Noviananda Putri kls 8A SMPN 3 BOGOR

    BalasHapus
  10. Terimakasih pak, saya Nabila Daretian Jayasari
    Kelas 8A/22
    SMPN 3 BOGOR

    BalasHapus
  11. Terimakasih Pak, saya Valery Isabel 8A SMPN3 Bogor

    BalasHapus
  12. Terima kasih pak,saya Faris Abfino Akmal 8A SMPN3 BOGOR

    BalasHapus
  13. _Terima kasih Pak, Saya Muhammad Rizki Alan Najuba dari kelas 8B SMPN 3 Bogor_

    BalasHapus
  14. Terimakasih pak saya michellia putri muslibat 8B smpn3 bogor

    BalasHapus
  15. Terima kasih Pak, Saya Oktaviana Aprillia dari kelas 8B SMPN 3 BOGOR

    BalasHapus
  16. Terima kasih pak, saya Natasya Eka Maylani dari kelas 8A SMPN 3 BOGOR

    BalasHapus
  17. Terima kasih Pak, saya Dinda Melati Wibowo dari kelas 8B SMPN 3 Bogor

    BalasHapus
  18. Terimakasih pak saya Jasir izzuddin azzam dari kelas 8b SMPN 3 bogor

    BalasHapus
  19. Terima kasih Pak, Saya Rahma artanti dari kelas 8B SMPN 3 BOGOR

    BalasHapus
  20. Terima kasih Pak, Saya Rafi Naufal Herdiana dari kelas 8B SMPN 3 Bogor

    BalasHapus
  21. Terima kasih Pak, Saya Satrio Bagaskoro dari kelas 8B SMPN 3 Bogor

    BalasHapus
  22. _Terima kasih Pak, Saya Sella Arsiantina dari kelas 8B SMPN 3 Bogor_

    BalasHapus
  23. _Terima kasih Pak,Saya Jasmine Cheryl Diandra dari kelas 8B SMPN 3 Bogor_

    BalasHapus
  24. Terima kasih Pak, saya Nailah Fakhirah dari kelas 8B SMPN 3 Bogor

    BalasHapus
  25. Terimakasih kasih pak, saya Andiya Trimulya dari kelas 8B SMPN 3 Bogor

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih pak, saya Andiya Trimulya dari kelas 8B SMPN 3 Bogor

      Hapus
  26. Terimakasih kasih pak, saya Muhammad Wira Maulana dari kelas 8B SMPN 3 Bogor

    Balas

    BalasHapus
  27. _Terima kasih Pak, Saya Nabila syahira dari kelas 8B SMPN 3 Bogor_

    BalasHapus
  28. Terima kasih Pak, Saya M.Galuh Prawira dari kelas 8A SMPN 3 Bogor

    BalasHapus
  29. Terima kasih pak, saya Andreza Juliansyah dari kelas 8A SMPN3BGR

    BalasHapus
  30. Terima kasih pak, saya farrel adinata dari kls 8b SMP 3 bogor

    BalasHapus
  31. Terimakasih pak,saya Raden Adiasa Rama Wijaya dari kelas 8B SMPN3BOGOR

    BalasHapus
  32. Terima kasih Pak, Saya Firgian Arfa Imanda Romas dari kelas 8A SMPN 3 Bogor

    BalasHapus
  33. Terima Kasih Pak, Saya Fidela Emily Saraswati dari kelas 8A SMPN 3 BOGOR

    BalasHapus
  34. Terima Kasih Pak, Saya Rairizki Mawandhi dari Kelas 8B SMPN 3 BOGOR

    BalasHapus
  35. Terima kasih pak, saya Natasya Eka Maylani dari kelas 8A SMPN 3 BOGOR

    BalasHapus