Sabtu, 21 Maret 2020

Belajar Mengenal dan Memahami Surat Pribadi (Pengertian, Struktur dan Ciri-ciri) #dirumahaja

Dramaga-Bogor, 22 Maret 2020

Assalamu'alaikum W W

Salam rindu untuk muridku.

Bagaimana belajar kalian di rumah?
Semoga menyenangkan ya!

Nak, semenjak pemerintah menghimbau untuk melakukan "lockdown" otomatis kegiatan belajar-mengajar kita pun dialihkan, yang semula kita bisa bersama-sama dalam satu ruang kelas kini kegiatan tersebut dilakukan di tempat tinggal kita masing-masing. Bapak harap hal ini tidak sedikitpun mengurangi semangat kalian untuk terus belajar. Menjadi orang sukses dan berhasil mencapai cita-cita yang kalian impikan. Aamiin.
Sejujurnya bapak rindu dengan suasana  bersama-sama dengan kalian, tidak sedikit hal positif yang bapak dapati dari kalian. Semoga saja bumi ini tak lagi sakit dan semoga pula Tuhan lekas mengangkat wabah covid-19 ini. Sehingga kita bisa berkumpul, belajar dan saling bercerita kembali dalam kelas.

Semoga kalian selalu sehat dan selalu dalam lindunganNya.
Bapak tunggu balasan surat dari kalian.

Wassalamu'alaikum W W.
Gurumu,

Asep Hidayatullah

Nah, surat di atas merupakan salah satu contoh surat pribadi yang bapak buat. Apakah struktur surat pribadi yang kalian buat kemarin sudah lengkap? Yuk disimak ringkasan di bawah ini, sebenarnya apa saja sih yang menjadi komponen struktur dalam surat pribadi, cekidot (hehe):

#Ringkasan
-Surat pribadi adalah surat atau tulisan yang dibuat oleh seseorang kepada orang lain yang bertujuan untuk memberikan kabar atau informasi kepada orang lain.
Teks surat pribadi mempunyai jumlah kata yang tidak terbatas. Dan bisa ditulis sampai beberapa halaman yang kamu butuhkan atau yang kamu suka.
Walaupun demikian saat menulis surat pribadi harus memakai bahasa yang yang mudah, sopan, dan mudah untuk dipahami oleh seorang penerima atau pembaca.
Pada teks surat pribadi tidak hanya memberikan informasi atau kabar saja. Kadang ada juga yang membuat teks surat pribadi untuk menceritakan isi hati dan perasaannya kepada seseorang.

Tujuan hal tersebut adalah untuk orang yang menerima surat tersebut juga bisa mengerti atau ikut merasakan apa yang dirsakan oleh pengirim surat.
Bahasa yang digunakan dalam teks surat pribadi juga harus komunikatif.

-Surat Pribadi memiliki struktur sebagai berikut:

1. Tempat dan Tanggal Pembuatan Surat
2. Alamat Penerima atau Penerima Surat
3. Mencantumkan Kata Sapaan atau Salam Pembuka
4. Paragraf Pembuka atau Kalimat Pembuka Paragraf
5. Bagian Isi Surat
6. Bagian Penutup Surat
7. Salam Penutup atau Salam Akhir
8. Nama Penulis dan Tanda Tangan

- Adapun ciri dari surat pribadi yaitu:
1. Pada umumnya menggunakan bentuk kata sapaan dalam surat tersebut. Pada umumnya kata sapaan diletakan pada surat bagian atas.
2. Selanjutnya yaitu bahasa yang digunakan dalam teks surat pribadi tidak formal atau terlalu resmi. Bahkan kebanyakan menggunakan bahasa yang digunakan dalam sehari-hari. Tetapi bahasa yang digunakan harus sopan, santun dan juga mudah dimengerti oleh sang pembaca.
3. Sering menggunakan berbagai jenis bahasa di dalam tulisannya. Hal tersebut juga harus disesuaikan dengan penerima dari surat tersebut. Walaupun berbentuk surat tetapi menggunakan kata sapaan yang sama seperti bertemu secara langsung dengan penerima surat tersebut.
4. Pada umumnya sang penulis surat akan memakai kata ganti dari orang kedua. Begitu juga sebaliknya dari sang pembaca surat juga menggunakan kata ganti dari orang kedua.
5. Dalam salam pembuka, isi dan juga penutupnya baiknya tidak memakai bahasa yang terlalu formal. Atau juga tidak menggunakan bahasa yang terlalu resmi.
6. Memiliki format yang bebas dan tidak terikat. Segala hal dari isi surat tersebut tergantung dari minat dan keinginan penulisnya.
7. Surat pribadi tidak memiliki nomor surat atau kop seperti surat resmi yang lainnya.
#dirumahaja

(Sumber dari buku gratis yang kalian miliki ditambah buku referensi yang bapak punya✌️😆)

Nah, sekarang apa yang harus kalian lakukan? Silakan kalian lakukan perintah yang bapak tuliskan di bawah ini:

1. Silakan kamu tulis bagian ringkasan yang bapak lampirkan di atas (yang ditandai dengan tanda #ringkasan hingga tanda #dirumahaja) ditulis di buku catatan bahasa Indonesiamu!

2. Silakan kamu periksa kembali surat pribadimu yang telah kamu buat minggu lalu. Apakah strukturnya sudah lengkap? Jika belum, silakan kamu lengkapi dan memperbaikinya dengan cara menyalin ulang suratmu di buku latihan! Jika memang suratmu sudah memilki struktur yang utuh maka kamu tidak perlu lagi membuatnya.

3. Silakan kamu isi daftar hadir dengan cara menuliskan nama dan kelasmu di kolom komentar, lalu berikan tanggapanmu mengenai model pembelajaran seperti ini!

Selamat mengerjakan, salam sukses. 😊🙏

-AH-

97 komentar:

  1. Rakha M S VII-D
    Dengan pembelajaran seperti ini sebenarnya sangat baik untuk mengurangi nya penyebaran covid-19, tetapi saya lebih memilih belajar bersama sama dalam satu ruangan kelas bersama teman teman daripada belajar sendirian, saya bukan tidak suka dengan belajar sendiri tapi, saya hanya merasa bosan bila belajar sendiri

    BalasHapus
  2. Tapi saya sangat suka bila pembelajaran nya seperti ini

    BalasHapus
  3. fauzi agusti noviansyah 7D
    saya lebih suka model pembelajaran seperti ini karena bisa dilakukan dirumah

    BalasHapus
  4. Aditya Priadiguna 7E
    Saya suka dengan model pembelajaran sepeti ini karena bisa belajar sambil bersantai di rumah

    BalasHapus
  5. M.syafiq a 7e
    Saya sangat suka dengan model seperti ini karena bisa di lakukan di rumah dan pembelajaran di rumah ini bisa juga mengurangi dampak terpapar virus covid 19

    BalasHapus
  6. Bunga lailla Agustina 7E
    Saya sangat suka dengan pembelajaran seperti ini , karna bisa di lakukan di rumah , dan sangat mengasikan

    BalasHapus
  7. Muhammad farhan VII-E

    Model pembelajaran seperti ini sangat bagus pak,agar kita tetap stay safe dirumah dan proses KBM tetap berjalan selayaknya disekolah.Saya ada pendapat pak, untuk sistem pembelajaran dirumah yang kita lakukan saat ini yaitu dengan lebih interaktif dua arah selayaknya suasana disekolah seperti tanya jawab dengan guru apabila ada murid yang tidak paham.Semoga wabah pandemi global ini cepat teratasi.Aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah manta . Terima kasih Farhan masukannya. Kemarin sempat bapak coba seperti yang Farhan saranka , namun kendalanya tidak semua teman2 serempak dapat mengikuti kelas online tsb dikarenakan alasan yang beragam. Nah ,pun mengenai interaksi 2 arah ketika di ruang diskusi online pertanyaan yang diajukan dari sekian banyak siswa dan datang secara bersamaan mengakibatkan kurang kondusifnya ruang online. Tapi bagus sekali saran dari Farhan, doakan bapak sedang mencari cara yang lebih seru dan kondusif lagi untuk ke depannya. Selalu jaga kesehatan ya . 🙏

      Hapus
  8. Fidela Emily Saraswati 7A
    Saya menyukai pembelajaran seperti ini karena tujuannya untuk mengurangi Covid-19 tapi saya lebih senang kalau bisa belajar bersama-sama dengan teman-teman satu kelas harapan saya semoga wabah Covid-19 segera bisa diatasi dan Indonesia bisa seperti semula

    BalasHapus
  9. Sarah Dhibra 7e
    Ada plus minus nya sih Pak, enaknya belajar bisa lebih santai. Tapi minusnya, jadi seperti tidak bersosialisasi. Tidak bertemu teman/guru. Tapi dalam kondisi saat ini, belajar di rumah memang yang terbaik.

    BalasHapus
  10. Satrio Bagaskoro 7B

    ada plus minusnya pa,plusnya kita ngerjainnya bisa dengan santai pa,tapi minusnya,pekerjaan kita terkadang tidak terkontrol karna kemungkinan pelajaran masuk selama 20 menit berturut-turut,tapi 70% saya suka dengan belajar dirumah pa

    BalasHapus
  11. Lazuardi 7A
    Ada bagus nya sih pak,supaya tidak terkena covid-19.tapi kalau tidak bagus nya kita tidak bertoleransi sesama teman.tapi kalau dalam kondisi saat ini sebagusnya belajar di rumah.

    BalasHapus
  12. Lazuardi 7A
    Ada bagus nya sih pak,supaya tidak terkena covid-19.tapi kalau tidak bagus nya kita tidak bertoleransi sesama teman.tapi kalau dalam kondisi saat ini sebagusnya belajar di rumah.

    BalasHapus
  13. Ada plus minusNy Pak, plusny Kita mengerjakan tugas dengan santai Pak, tapi minusNy pekerjakan Kita tdk terkontrol Karna kemungkinan pelajaran masuk selama 20 menit berturut-turut 70% saya lebih suka berlajar bersma-sma

    BalasHapus
  14. Syafiga intan z.p. 7C
    Saya sangat suka kegiatan belajar seperti ini,karena seru aja gitu di rumah bisa sambil rebahan dan dengar lagu :>

    BalasHapus
  15. Firgian arfa imanda romas (igi)

    BalasHapus
  16. Faris Abfino Akmal VII A

    Saya lebih suka belajar di rumah karena bisa santai dan saya lebih suka belajar di sekolah karena ngerjain bareng bareng harapan saya semoga bulan depan udah mulai masuk sekolah

    BalasHapus
  17. Faris Abfino Akmal VII A

    Saya lebih suka belajar di rumah karena bisa santai dan saya lebih suka belajar di sekolah karena ngerjain bareng bareng harapan saya semoga bulan depan udah mulai masuk sekolah

    BalasHapus
  18. Saya suka pak dengan metode pembelajaran seperti ini tapi saya lebih suka di sekolah pak kalo jujur mah jadi lebih masuk pak pemahamannya

    BalasHapus
  19. Andreza Julianyah 7A
    Saya suka pembelajaran dirumah ini karena untuk mengurangi virus covid-19 dan saya akan lebih senang belajar disekolah dengan teman sekelas. tapi untuk saat ini dalam kondisi saat ini, belajar dirumah adalah yang terbaik.

    BalasHapus
  20. Jasir izzuddin azzam
    Saya suka pak metode pembelajarn seperti ini tapi saya lebih suka di sekolah pak kalo boleh jujur soalnya kalo di sekolah itu lebih masuk pak pelajarannya tapi dengan metode ini sudah baik sih pak.

    BalasHapus
  21. Belajar seperti ini memang menyenangkan, dan seru, tapi lebih seru belajar di sekolah, bisa bertemu teman teman, mengerjakan tugas bersama, semoga bulan depan sudah bisa sekolah seperti biasa

    BalasHapus
  22. Belajar seperti ini memang menyenangkan, dan seru, tapi lebih seru belajar di sekolah, bisa bertemu teman teman, mengerjakan tugas bersama, semoga bulan depan sudah bisa sekolah seperti biasa

    BalasHapus
  23. Oktaviana 7B
    ada plus minusnya pak,plusnya kita bisa belajar dengan santai dan gk buru buru.minusnya saya merasa bosan kalo belajar sendirian

    BalasHapus
  24. Galuh Prawira 7A
    Pembelajaran ini bagus pak,soalnya saya jadi tidak terburu buru dalam menulisnya pak.(hehe)walaupun belajar seperti ini kurang bisa dipahami sama saya.

    BalasHapus
  25. Aditya chaesar ramadhan 7E
    Saya senang belajar di rumah pak,karena belajarnya santai dan tidak terburu buru dan juga bisa sambil makan cemilan sambil belajar

    BalasHapus
  26. Greisya.n.putri 7a
    Saya suka materi nya pak,tetapi lebih seru lagi klo mengerjakan di sekolah pak lebih menyenangkan

    BalasHapus
  27. Saya senang pak belajar dirumah bisa sambil santay
    Aldi 7D

    BalasHapus
  28. Amanda Putri Farelina // VII-A
    Cara pembelajaran sangat canggih dan bagus, saya jadi tidak malas belajar karna cara pembelajaran nya di handphone biasanya kan kalau sudah pegang handphone gabakal buka buku, nah kalo ini sekalian di handphone belajar nya

    BalasHapus
  29. Amanda Putri Farelina // VII-A
    Cara pembelajaran sangat canggih dan bagus, saya jadi tidak malas belajar karna cara pembelajaran nya di handphone biasanya kan kalau sudah pegang handphone gabakal buka buku, nah kalo ini sekalian di handphone belajar nya

    BalasHapus
  30. Aprilia E F VIID
    Dengan berajar seperti ini, akan lebih mudah untuk mengerti materi yang di bahas

    BalasHapus
  31. Membosankan pak belajar di rumah,Mending sekolah pak,tapi saya suka dengan tugas yg di berikan bapak
    R.Adiasa Rama W.

    BalasHapus
  32. umy umayah 7d
    suja dengan pembelajaran seperti ini karna bisa santai tapi pekerjaan tetap selesai

    BalasHapus
  33. Gagah Prasetyo 7e
    Menurut saya pembelajaran seperti ini sangat mudah dan bisa mengerjakan sambil santai di rumah

    BalasHapus
  34. Muhammad Rizki Alan Najuba (VII-B)
    Menurut saya enak belajar di rumah seperti ini jadi pikiran tidak ke virus corona terus,tapi lebih senang di sekolah lebih paham dan lebih seru.

    BalasHapus
  35. Priya chantika ramadhani 7E
    Saya suka pembelajaran seperti ini karena bisa dilakukan dirumah tetapi saya lebih suka belajar disekolah bersama teman teman

    BalasHapus
  36. Michellia putri muslihat(VII-B)
    Menurut saya enak juga belajar di rumah tapi lebih seru di sekolah,bisa bareng bareng sama temen

    BalasHapus
  37. Andiya 7B
    Saya senang dengan pembelajaran seperti ini, namun lebih seru belajar disekolah karena lebih mudah dipahami.

    BalasHapus
  38. Alifa Mutia Shafira 7E

    Menurut saya,pembelajaran seperti ini gampang dipahami tetapi,lebih enak lagi belajar nya di sekolah.

    BalasHapus
  39. Sekar Anintya C 7E
    Saya suka pembelajaran seperti ini, tapi menurut saya, saya lebih suka dengan pembelajaran di sekolah. Namun kita harus tetap dirumah agar tidak terkena virus covid-19 #DirumahAja

    BalasHapus
  40. rayya isyana fahima 7E
    saya suka pembelajaran ini karena santai jga di rumah dan terhindar dari virus corona karena tidak keluar rumah,tapi lebih seru di sekolah dan bisa lebih paham karena dijelaskan

    BalasHapus
  41. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  42. Kania Agustina (7-C)

    Saya suka pembelajaran seperti ini tetap di dalam rumah dan bagus pelajaran surat pribadi ini kita bisa tau struktur ciri-ciri, dan yang lainnya

    BalasHapus
  43. Rahma artanti VII B
    Menurut saya sih pembelajaran seperti ini memang menyenangkan,Tetapi lebih menyenangkan lagi kalo belajarnya di ☺

    BalasHapus
  44. Mutiara febriani 7B
    Pembelajaran ini sangat bagus,tidak terlalu banyak,dan mudah dipahami.

    BalasHapus
  45. Natasya Eka 7A
    Saya menyukai pembelajaran di rumah karena bertujuan untuk mengurangi Covid-19. Tetapi saya lebih suka belajar di sekolah, karena saya lebih paham penjelasannya dan bisa belajar bareng dengan teman-teman.

    BalasHapus
  46. Tugas ini sangat menyenangkan karna sangat mudah di pahami

    BalasHapus
  47. Sangat menyenangkan sekali tapi ada pusing pusing nya

    BalasHapus
  48. Dalam keadaan seperti ini ada baik nya juga kita belajar di rmh agar tidak terkena virus cCoron

    BalasHapus
  49. M Irsyad Azharul Haq 7E
    Menurut saya model pembelajaran seperti ini sangat bagus karna kami dapat mengerjakan tugas dengan begitu mudah dan sambil bersantai,tapi saya lebih menyukai belajar di sekolah karna kita dapat bertemu teman² dan guru² jadi kita dapat bertanya secara langsung apabila kita tidak mengerti,dan kita bisa lebih fokus dalam belajar karna diajar langsung oleh guru,semoga bapa dan teman² selalu sehat supaya kita bisa bertemu lagi di saat pembelajaran di sekolah

    BalasHapus
  50. Saya sangat suka belajar di rumah karena bisa sambil rebahan,makan,dan minum.Tapi,saya lebih suka belajar di sekolah karena bisa bermain dengan teman-teman

    BalasHapus
  51. Menurut saya pembelajaran seperti ini Bagus karena dapat di kerjakan di rumah dan dapat bersantai tapi saya sedih karena tidak bisa bertemu dengan teman teman di sekolah

    BalasHapus
  52. Padma Rendjani 7C
    Saya sangat suka pembelajaran degan metode seperti ini, karena seru aja gitu bisa sambil ngemil dan mendengarkan musik, tapi walau demikian tugas tetap dikerjakan.

    BalasHapus
  53. Arrausal 7a

    Saya menyukai pelajaran seperti ini,tapi saya lebih suka belajar di sekolah karena lebih bisa memahami materi yang sedang dipelajari dan belajar bersama teman lebih menyenangkan

    BalasHapus
  54. Nadya Putri Hadiyati 7C

    Menurut saya, pembelajaran ini sangat bagus,tidak terlalu banyak,dan mudah dipahami.Tetapi,lebih enak lagi belajar nya di sekolah, karena saya lebih paham penjelasannya dan bisa belajar bareng dengan teman-teman.

    BalasHapus
  55. Aditya Galih 7B

    Saya menyukai pembelajaran seperti ini karena kita dapat mengerjakan dirumah dengan bersantuy tetapi saya sedih karena tidak dapat bertemu teman di sekolah.

    BalasHapus
  56. Alika 7a

    Saya suka metode pembelajaran seperti ini karna bisa santai di rumah , tapi ada yang saya tidak suka yaitu saya tidak bisa bertemu teman teman di sekolah

    BalasHapus
  57. Shuba Laiqa Sobia 7D

    Menurut saya prmbelajaran ini bagus tapi saya lebih paham jika di jelaskan langsung

    BalasHapus
  58. Kaysan Muhammad Dean 7D

    Menurut saya,ok ok aja belajar dirumah tapi kalau belajar dirumah ada enak ada tidak enaknya,enaknya bisa sambil makan rebahan minum main ,tidak enaknya ya..nggak bisa ketemu temen² terus lebih paham kalau dijelaskan di sekolah

    BalasHapus
  59. Hafizt 7d
    Metode pembelajaran kayak Gini emang udah epic Pak seru lagi bisa santai.Tapi,kasian juga Sama murid Yang gk punya hp,auto numpuk tugasnya ✌️

    BalasHapus
  60. Nisrina Salsabila Maulana 7C

    BalasHapus
  61. Aulia Rahma Azahra 7D
    Metode pembelajaran kayak gini cukup baik pak bisa sambil enjoy di rumah😎

    BalasHapus
  62. M.Fahrezi 7F
    Sebenarnya metode seperti ini baik pak dan bisa lebih santay di rumah :)

    BalasHapus
  63. Arabella putri andika 7d

    Saya suka pak dengan metode pembelajarn seperti ini, tapi saya lebh suka belajar langsung karena pembelajarn akan dijelaskan dengan detail dan mudah dipahami dan kasian juga yang tidak memiliki hp jadi gak tau ada tugas

    BalasHapus
  64. Raihaana Aderia Putri 7-D

    Saya suka metode pembelajaran seperti ini, karena bisa dilakukan di rumah dengan enjoy. Tapi saya lebih suka belajar di sekolah, karena pelajaran yang di jelaskan lebih mudah dipahami dan juga bisa bertemu dengan teman-teman.

    BalasHapus
  65. Naura Jasmine N. 7E

    Belajar dirumah ternyata gak buruk, malah enak aja gitu bisa sambil dengerin lagu. Lebih gampang dipahami dan enak aja gitu

    BalasHapus
  66. Naura Jasmine N. 7E

    Belajar dirumah ternyata gak buruk, malah enak aja gitu bisa sambil dengerin lagu. Lebih gampang dipahami dan enak aja gitu

    BalasHapus
  67. Dzaira Adwa Daanish 7E

    saya suka metode pembelajaran seperti ini, karna bisa di lakukan di rumah dengan lebih santai. tapi saya lebih suka belajar di sekolah karena dapat bertemu dengan teman teman di kelas, dan pembelajaran lebih menyenangkan

    BalasHapus
  68. Rania Zahra (7-C)

    Metode pembelajaran seperti ini lumayan seru juga, belajar bisa sambil makan, dengerin lagu, dan bisa istirahat semau kita, jadi belajarnya juga seru.

    BalasHapus
  69. Zidane Syahran R. 7E

    Saya Suka Metode pembelajaran seperti ini,karna selain bisa santai kita juga bisa menghindari akan terpaparnya virus corona:)

    BalasHapus
  70. Adam gunawan 7e


    Saya lebih suka pembelajaran seperti ini karena kita bisa mengerjakanya dengan
    Santuy.. And kalem

    BalasHapus
  71. Adam gunawan 7e


    Saya lebih suka pembelajaran seperti ini karena kita bisa mengerjakanya dengan
    Santuy.. And kalem

    BalasHapus
  72. Jasmine Cheryl d 7B

    Saya suka metode pembelajaran seperti ini karena bisa mengerjakan tugas dengan santai tetapi lebih seru jika belajar langsung bersama teman teman

    BalasHapus
  73. loveyna putri n,7c
    saya suka pembelajaran seperti ini karena dapat menghindari penyebaran covid 19

    BalasHapus
  74. Siti fauziah al 7E

    Saya sangat suka pembelajaran seperti ini karena di lakukan di rumah tetapi saya lebih suka pembelajaran di sekolah bersama teman teman .

    BalasHapus
  75. Siti fauziah al 7E

    Saya sangat suka pembelajaran seperti ini karena di lakukan di rumah tetapi saya lebih suka pembelajaran di sekolah bersama teman teman .

    BalasHapus
  76. Nadhia ulhaq karya 7E

    Saya sangat suka pembelajaran seperti ini karena di lakukan dirumah dan dapat menghindari covid 19

    BalasHapus
  77. Nadhia ulhaq karya 7E

    Saya sangat suka pembelajaran seperti ini karena di lakukan dirumah dan dapat menghindari covid 19

    BalasHapus
  78. Nadhia ulhaq karya 7E

    Saya sangat suka pembelajaran seperti ini karena di lakukan dirumah dan dapat menghindari covid 19

    BalasHapus
  79. Siti Nur Sahri Asila 7E
    belajar dirumah seru , tapi lebih seru juga belajar di sekolah bisa belajar bareng sama temen temen trus bisa lebih ngerti

    BalasHapus
  80. Muthya Syafira Mecca.P 7A
    Covid-19 adalah virus jenis baru yang berasal dari cina tepatnya dikota wuhan sampai saat ini belum ada obat atau vaksin sampai saat ini Covid-19 virus yang berbentuk bola dan dibagian luarnya berbentuk kunci-kunci Agar terhindar dari virus Covid-19 biasakan berdiam diri di rumah kalo pun keluar rumah usahakan menggunakan masker hindari keramaian angkutan publik dan tempat-tempat umum lainnya yang sudah terpapar Covid-19 biasakan mengkonsumsi air putih yang banyak makan-makanan yang bergizi dan banyak mengandung vitamin C

    BalasHapus
  81. Syaqila Nurfis Nadjib 7A

    Covid-19 adalah virus jenis baru yang berasal dari cina tepatnya dikota wuhan sampai saat ini belum ada obat atau vaksin sampai saat ini Covid-19 virus yang berbentuk bola dan dibagian luarnya berbentuk kunci-kunci. Agar terhindar dari virus Covid-19, Perbanyak mencuci tangan setelah dari luar ataupun setelah melakukan kegiatan, banyak minum air putih/air yg hangat(teh, susu), menggunakan masker saat keluar rumah, hindari kerumunan, makan-makanan bergizi yg banyak mengandung Vitamin C

    #Sekian Terima kasih^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oiya... Pembelajaran dirumah juga seru tapi lebih seru kalau disekolah karena banyak temen^^

      Hapus
  82. Randy Athalla Ryansha VII-D

    Dengan model pembelajaran rumah ini kita dapat mengrjakan tugas yang lebih mudah terlebih dahulu dan bagi saya ini adalah cara belajar yang sangat baik dan fleksibel

    BalasHapus
  83. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  84. Muhammad Hamim Abdillah 7C

    Saya suka dengan pembelajaran seperti ini karena dapat mengerjakan tugas yang ingin kita kerjakan terlebih dahulu

    BalasHapus
  85. Pembelajaran dirumah itu cukup menyenangkan karena bisa sambil santai tetapi dengan pembelajaran dirumah tidak bisa bertemu dengan teman teman dan guru guru dan semoga pandemi COVID 19 cepat hilang dari bumi ini dan bisa belajar kembali seperti biasa aamiin

    BalasHapus
  86. M Faidh Rahmatillah 7D

    Tapi Dengan Metode Pembelajaran Seperti Ini Juga Seru pak

    BalasHapus
  87. Siti sarah jamil

    Dengan metode seperti ini saya nilai efectif karna kondisi nya sedang tidak memungkinkan untuk di adakan nya pembelajaran.

    BalasHapus
  88. Siti sarah jamil

    Dengan metode seperti ini saya nilai efectif karna kondisi nya sedang tidak memungkinkan untuk di adakan nya pembelajaran.

    BalasHapus
  89. Assalamualaikum
    Nama: dzakyfathurocman
    Absen:7

    BalasHapus